smpn30kotabekasi@gmail.com
(021) 8228057
Best Practice Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Best Practice Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Oleh Yuliarti, S.Pd

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMP NEGERI 30 KOTA BEKASI

Lingkup Pendidikan

SMP

Tujuan yang ingin dicapai

Untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik

Penulis

YULIARTI

Tanggal

24  September 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

1.     Kondisi yang menjadi latar belakang masalah

Rendahnya motivasi belajar peserta didik pada pelajaran Seni Budaya

 

2.     Praktik ini penting untuk dibagikan

Praktik ini bisa dilihat dari dua aspek yaitu

1)     Dari Aspek Peserta didik

·         Untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dengan menggunakan berbagai metode/ model pembelajaran yang sesuai dengan keterampilan yang diberikan dan peralatan yang digunakan

·         Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap kondisi nyata/ pengalaman langsung

·         Untuk menambah wawasan tentang informasi serta melatih pola pikir peserta didik untuk dapat menggali permasalahan

·         Untuk memperluas wawasan peserta didik tentang pengembangan teknologi dimasa yang akan datang

·         Untuk memberikan solusi terhadap masalah yang ada saat praktik pembelajaran.

2)     Dari Aspek Guru

·         Untuk meningkatkan kemampuan  guru dalam penyampaian proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai model/ metode pembelajaran yang sesuai dengan materi dan peralatan yang digunakan.

·         Untuk meningkat kemampuan guru terhadap kondisi nyata/ pengalaman langsung dalam proses pembelajaran

·         Untuk menambah wawasan tentang informasi serta melatih pola pikir guru agar dapat menggali permasalahan dan solusinya.

·         Untuk menambah wawasan guru dalam pengembangan penggunaan informasi teknologi ICT-TPACK di masa yang akan datang.

 

3.     Yang menjadi peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini

1)     Peran guru :

·         Sebagai demontsrator yaitu hendaknya senantiasa menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan serta senantiasa mengembangkan dan meningkatkan kemampuan yang dimilikinya.

·         Sebagai organisator yaitu untuk menciptakan proses edukatif yang dapat dipertanggungjawabkan, baik secara formal (kepada pihak yang mengangkat dan menugaskannya) maupun secara moral

·         Sebagai pengelola kelas yaitu mampu mengelola kelas sebagai lingkungan belajar serta mengorganisasikan lingkungan sekolah.

·         Sebagai fasilitator, yaitu mamberikan fasilitas atau kemudahan dalam proses belajar-mengajar

·         Sebagai mediator, yaitu memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan, karena media pendidikan merupakan alat komunikasi untuk lebih mengefektifkan proses belajar-mengajar

·         Sebagai motivator yaitu dapat mendorong peserta didik agar semangat dan aktif belajar.

·         Sebagai klimator yaitu untuk menciptakan iklim belajar yang kondusif dan menyenangkan.

·          Sebagai informator, yaitu guru harus bisa menjadi sumber informasi kegiatan akademik maupun umum

·         Sebagai inisiator yaitu guru harus dapat menjadi pencetus ide-ide kemajuan dalam pendidikan dan pengajaran.

·         Sebagai Evaluator yaitu orang yang mengarahkan proses belajar secara bertahap dari awal hingga akhir

 

2)     Tanggung jawab dalam praktik ini yaitu : ada 3 aspek yang harus dilaksanakan diantaranya

·         Tanggung jawab sebagai pengajar yaitu merencanakan progam pengajaran, melaksanakan progam yang telah disusun dan melaksanakan penilaian setelah progam itu dilaksanakan.

·         Tanggung jawab sebagai pendidik yaitu mengarahkan peserta didik pada tingkat kedewasaan yang berkepribadian sempurna.

·         Tanggung jawab sebagai pemimpin yaitu memimpin dan mengendalikan diri sendiri, peserta didik dan masyarakat yang terkait, menyangkut upaya pengarahan, pengawasan, pengorganisasian, pengontrolan, partisipasi atas progam yang dilakukan.

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

 

1.     Tantangan untuk mencapai tujuan

1)     Guru harus dapat menyusun model/metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik

2)     Guru harus dapat menguasai pengelolaan penyampaian pembelajaran

3)     Guru harus dapat mengaitkan pembelajaran berbasis ICT – TPACK

4)     Guru harus dapat mengkolaborasikan pembelajaran berbasis berpikir tingkat tinggi ( HOTS) dalam pembelajaran Seni Budaya

5)     Guru harus dapat mengaitkan pembelajaran dengan Gerakan Literasi Nasional sebagai pengayaan peserta didik.

2.     Siapa saja yang terlibat

1)     Guru peserta PPG

2)     Peserta didik

3)     Kepala sekolah

4)     Guru BK

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

 

1.     Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut

1)     Berusaha untuk mengembangkan kompetensi pedagogi atau cara mengajar dengan mengikuti berbagai pelatihan/seminar/ workshop pendidikan

2)     Berusaha untuk menyusun model/ metode pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pokok yang tepat dalam pembelajaran Seni Budaya.

3)     Berusaha untuk menyusun pembelajaran yang berbasis ICT – TPACK pada setiap pembelajaran Seni Budaya

4)     Berusaha untuk menyusun pembelajaran yang berorientasi pada berpikir tingkat tinggi ( HOTS) pada setiap pemblajaran Seni Budaya.

 

2.     Strategi yang digunakan

1)     Merancang langkah – langkah kegiatan pembelajaran

2)     Menambah pengayaan sumber belajar guru untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran

3)     Menayangkan video pembelajaran yang menarik agar motivasi belajar peserta didik meningkat

4)     Membuat LKPD disesuaikan dengan materi

5)     Membuat permainan/ nyanyian/ tepukan sebagai pengayaan dalam proses pembelajaran yang dapat menyenagkan peserta didik.

 

3.     Prosesnya

1)     Melaksanakan persiapan sebelum mengajar diantaranya menyusun RPP, menyiapkan peralatan multimedia, video pembelajaran, dan alat praktek bagi peserta didik.

2)     Merekam video dari awal sampai akhir

 

4.     Siapa saja yang terlibat

1)     Guru peserta PPG sebagai praktikum

2)     Peserta didik

3)     Kepala Sekolah

4)     Guru BK

 

5.     Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

1)     Guru sebagai pelaksana praktik

2)     Peserta ddik sebagai objek pembelajaran

3)     Perangkat pembelajaran diantaranya RPP, Media, bahan ajar, LKPD dan penilaian

4)     Peralatan pembelajaran diantaranya alat multimedia ( Hp, infokus, laptop, speaker, internet) , alat praktek peserta didik

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

 

1. Dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang  dilakukan ?

Dampak dari aksi dan langkah langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari

1.     Penggunaam Media sosial sebaai sarana belajar sangat membantu dalam menambah daya tarik siswa dalam proses belajar, dapat dibuktikan melalui hasil balajar dan hasil kreatifitas siswa

2.     Pemilihan Metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa terlihat dari kegiatan siswa saat pembelajaran

3.     Pemilihan Model pembelajaran yang tepat menumbuhkan berfikir kritis siswa terlihat dari tanggapan dan jawaban yang di lontarkan guru saat pembelajaran

4.     Desain kegiatan yang berpusat pada siswa sangat meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi  untuk belajar

 

 

2. Apakah hasilnya efektif ? Atau tidak efektif?

Hasilnya sangat  efektif  karena dalam pembelajarannya  dikemas  menarik dan menyenangkan untuk peserta didik.

 

3. Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan ?

Sejauh ini respon dari pihak-pihak terkait terhadap pembelajaran sangat baik

 

4. Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau  

    ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksaanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

 

5. Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut ?

    Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lakukan adalah guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan.

 

 

 

 



Admin Pusat | 14 November 2022| Dibaca : 2370